Sudah lama tidak update blog, kerena berbagai kesibukan dan fasilitas yg tidak memadai akhirnya membuat saya kurang semangat menulis walaupun keingin untuk terus berkarya di dunia maya selalu ada tapi kadang keinginan itu hanya sebuah angan angan yang tak bisa membangkitkan semangat lagi.
Beberapa waktu pikiran saya di selimuti rasa bersalah karena merasa bahwa saya adalah orang yang tidak di butuhkan dalam sebuah komunitas dan saya berusaha untuk mindur dari komunitas tersebut namun tanpa disadari itu malah membuat sebuah kemunduran dalam komunitas tersebut dan akhirnya saya merasa itu  adalah kesalahan saya.
Belajar untuk ikhlas adalah sesuatu yang tidak mudah. Balajar untuk menahan ego tidaklah ringan pengalaman pun kadang tidak bisa untuk menjadi sebuah ukuran bahwa kita telah msngambil pelajaran dari pengalaman itu sendiri, maka hanya kepada Allah kita memohon agar kita di beri kemudahan dalam segala cobaan dan ujian yang hadir menghiasi hidup kita, Allah menciptakan kita bukan untuk sesuatu yang sia sia begitu pula sesuatu yang yang mengiringi perjalanan hidup kita, yakinlah Samua ada hikmah yang kadang sulit untuk kita cerna oleh akal dan hati kita.
Oke itu sebuah pendahuluan yang tidak terlalu penting mungkin bagi anda tapi mudah mudahan kita pada kesempatan kali ini bukan hanya bisa membangun server di hp saudara saudara semua tapi bisa membangun semangat dan jiwa yang ikhlas di hati saudara saudara agar kita bisa untuk membangun bangsa kita yang tercinta ini dengan makna dan cara kita sendiri.
Oke yang kedua mari kita mulai pertama
Bahan yang kita siapkan
1. Hp dengan os android (ane gukan yg ics)
2. program ulti server.apk
3. Script program php misal wordpres
4. Secankir Kopi anget yange gak suka bisa teh......tapi jangan teh lilis yang geulis......wkwk
Kedua
Langkah kedua sangat gampang yaitu minum kopi...
Hehehe.....
Duduk santai .....
Buka hp .......
isntal Web servers
Klo udah jalankan tap servers
Tap tanda plus
Tambahkan server php dan server mysql
Seting masing masing server portnya, user, pasword, dllny
Terus jalankan kedua server caranya tahan lalu muncul menu tap start
Ketiga
Setelah kedua server php dan mysql jalan lalu kita akan membuat direktori untuk php dan membuat data base mysqlnya
Letakan script php misalkan wordpress di sdcard dengan folder misal htdoc.
Untuk mengkases server dengan ip local aktifkan dulu wifi atau hotspotny agar kita tau adres ip nya biasanya alamat ipnya 192.168.43.1 klo misalkan gak tau cara melihatnya dengan mengetahui ip yg satu jaringan misal laptop yg terhubung dengan hotspotny klo dilaptop misal  192.168.1.23 maka iplocal hp biasanya 192.168.1.1
Keempat
Klo ip adress HH dah diketahui tinggal buka browser bisa crome, firefox atau lainnya asal jangan operamini karena opera mini didirek dari server operanya.
Lalu keti ip android kita plus titik dua dan nomer port
Misal ipnya 192.168.1.1 port server phpnya 8082 maka kita ketik di browser 192.168.1.1:8082
Maka akan terbuka direktori sdcard kita tap folder htdoc maka akan muncul setingan wordpres kita ....... tereeeeet gampangkan
Selamat mencoba
Oh ya kenapa kita butuh server di hp android kita
Ini alasannya
1. Agar bisa mengakses aplikasi berbasis web seperti php
2. Untuk membuat / test secript php kita sebelum di upload kesitus kita
3. Trasfer data lebih mudah dengan tablet android hp atau komputer dalam satu jaringan
4. Jika kita punya ipstatis hp kita bisa jadi hosting gratis yg bisa di akses dimana saja.......
Oke selamat mencoba......
Wasalam......