//inmobi ads MUDAH ITU BERKAH DAN INDAH : DASAR BAHASA JAVA

Jumat, 22 Februari 2013

DASAR BAHASA JAVA

DASAR !! BAHASA java JAV/A
ketika  pertama kali datang kejogja saya hanya  bisa terbengong bengong bukan karena heran atau terkejut tapi tapi karena perut laper .....hehehe.. dari pagi belum makan nasi padahal di bus banyak yang jual nasi tapi karena di cirebon uang dah di palak sama calo bus (keliatan ndesonya kali hehehe) waktu itu  mo ke purwokerto bayarnya 40rb padahal busnya cuma sampe tegal dan ongkosnya cuma 5 sebenarnya. kebetulan sama sepupu akhirnya dia balik lagi ke majalengka takut ongkosnya gak cukup  .....
kok malah curhat masa lalu sih....hehehe
oke balik lagi ke jogja bukan karen laper aja sih ane bengong tapi karena bahasa yang di pake emang beda , ane biasa pake bahasa barat (bukan inggris tapi bahasa banten n bandung ekekekek)
sedangkan di jogja peke bahasa java alias jawa ... waduh repot nih akhirnya ane belajar sama orang subang (belajar jawa kok sama orang subang ckckckck salah alamat) dia cuma ngajarin 5 kata yang cukup ampuh
1. kulo
2.boten
3.saget
4.boso
5.jowo
{kulo boten saget boso jowo}

dengan lima kata tersebut orang yang ngomong sama ane langsung mentraslatenya ke bahasa indonesia. ehm kayak ada kode khusus mungkin sejenis kode PHP ato ajax yang ada di google tranlator kali ya?? hehehe deteksi bahasa kali.
oke langsung ini kode dasar bahasa JAV/A yang mingkin bisa anda pelajari yang ana kopy dari blog orang

DASAR BAHASA JAVA
KARAKTER
yaitu elemen terkecil pada bahasa pemrograman, berupa :
§ Huruf (A s/d Z dan a s/d z)
§ Angka (0 s/d 9)
§ Simbol (misal * dan !)
§ Kode kontrol (misal formfeed dan newline)
Java tidak menggunakan himpunan kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) melainkan dengan himpunan Unicode yang dapat menampilkan huruf-huruf yang digunakan oleh berbagai bangsa selain huruf Latin.
KATA KUNCI
Java memiliki sejumlah kata yang bermakna khusus yang digolongkan sebagai kata kunci atau kata tercadang dan tidak dapat digunakan sebagai pengenal
Misal :
abstrac else interface super
boolean extends long switch
break final native synchronized
byte finally new this
case float null throw
catch for package throws
char goto private transient
class if protected try
const implements public void
continue import return volatile
do instanceof short while
double int static
PENGENAL
Disebut juga sebagai identifier yaitu nama yang diciptakan oleh pemrogram dan digunakan dalam program untuk memberi nama kelas atau variabel.
Aturan pemberian nama pengenal yaitu :
§ Karakter pertama berupa huruf, tanda garis bawah atau dollar
§ Karakter kedua dapat berupa sembarang huruf atau angka
§ Panjang pengenal bebas
§ Huruf kapital dan huruf kecil dibedakan
Misal : x
$_99
_nama
NamaYangPanjangJugaBoleh
TIPE DATA PRIMITIF
Tipe data ini meliputi :
1. byte
2.
Tipe data bilangan bulat
short
3. int
4. long
5. float
6. double
Tipe data yang mewakili sebuah karakter
7. char
Tipe data yang menyatakan keadaan logika true atau false
8. boolean
Keterangan :
1. Tipe Bilangan Bulat
Perbedaan masing-masing tipe data terletak pada jangkauan nilai yang dicakup.
TIPE
UKURAN
JANGKAUAN
byte
8 bit
-128 s/d 127
short
16 bit
-32.768 s/d 32.767
int
32 bit
-2.147.483.648 s/d 2.147.483.647
long
64 bit
-9.232.372.036.854.775.808 s/d 9.232.372.036.854.775.807
2. Tipe Bilangan Titik Mengambang
TIPE
UKURAN
JANGKAUAN
float
32 bit, presisi 6-7 digit
-3.4E38 s/d +3.4E38
double
64 bit, presisi 14-15 digit
-1.7E308 s/d +1.7E308
3. Tipe Data Char
Digunakan untuk menyatakan sebuah karakter yang tercakup dalam himpunan kode Unicode
4. Tipe Data Boolean
Digunakan untuk menangani keadaan logika dengan dua kemungkinan nilai TRUE yang berarti benar dan FALSE yang berarti salah
LITERAL
adalah suatu nilai yang dituliskan pada kode sumber Java.
Literal dapat dibedakan menjadi :
1. Literal Bilangan
Literal bilangan bulat tergolong sebagai long. Simbol L dapat ditambahkan dibelakang bilangan, misal : 4L atau -4L.
Suatu bilangan bulat dapat dinyatakan dalam bentuk dalam bentuk oktal dengan diawali dengan angka 0 atau heksadesimal dengan diawali dengan angka 0x
Misal :
//berkas : literal.java
public class literal
{
public static void main (String[] args)
{
System.out.println(“Bilangan Desimal :” + 17);
System.out.println(“Bilangan Oktal :” + 017);
System.out.println(“Bilangan Heksadesimal :” + 0×17);
}
}
Hasil : Bilangan Desimal :17
Bilangan Oktal :15
Bilangan Heksadesimal :23
Literal titik mengambang digunakan untuk menyatakan bilangan real. Notasi yang digunakan adalah tanda titik yang menyatakan pecahan. Selain itu simbol e atau E biasa digunakan untuk menyatakan eksponensial.
Contoh :
LITERAL
KETERANGAN
0.1
Berarti 0,1
.5
Berarti 0,5
2e45
Identik dengan 2 x 10 pangkat 45
2E-45
Identik dengan 2 x 10 pangkat -45
2e45F
Menghasilkan bilangan bertipe float
2. Literal Karakter
Ditulis dalam tanda petik tunggal.
Contoh :
LITERAL
KETERANGAN
‘a’
Karakter huruf a
‘$’
Karakter simbol $
‘4’
Karakter angka 4
Pada Java terdapat istilah kode escape yaitu kode karakter yang penulisannya diawali dengan simbol \ (backslash)
KODE
KETERANGAN
\b
Backspace
\f
Formfeed
\n
Newline
\r
Carriage return
\t
Tab
\’
Petik tunggal
\”
Petik ganda
\ddd
Oktal (dd bernilai 0 s/d 377)
\xdd
Heksadesimal (dd bernilai 1 s/d FF)
Java tidak mengenal \a (bel) dan \v (tab). Untuk menampilkan karakter Unicode digunakan \udddd
3. Literal Boolean
Literal yang hanya dapat berupa kata kunci TRUE atau FALSE
4. Literal String
String berarti deretan atau kombinasi sejumlah karakter yang ditulis dalam tanda petik ganda, misal : “Aditya Fajar Ramadhan”
“ 2 x 2 = 4”
“” (tanda petik ganda dua kali tanda spasi yang berarti string kosong)
Contoh :
//berkas : literalstring.java
public class literalstring
{
public static void main (String[] args)
{
System.out.println(“Aditya Fajar\nRamadhan”);
System.out.println(“Sekar\tAyu”);
System.out.println(“Belajar \’JAVA\’”);
}
}
Hasil : Aditya Fajar
Ramadhan
Sekar Ayu
Belajar ‘JAVA’
5. Definisi Konstanta
Definisi konstanta dalam Java dengan menggunakan kata kunci final.
Misalnya final double PI = 3.14;
Contoh :
//berkas : lingkaran.java
public class lingkaran
{
public static void main (String[] args)
{
final double PI = 3.14;
double jarijari = 10;
double luas, keliling;
luas = PI * jarijari * jarijari;
keliling = 2 * PI * jarijari;
System.out.println(“Panjang Jari-jari = “+ jarijari);
System.out.println(“Luas Lingkaran = “+ luas);
System.out.println(“Keliling Lingkaran = “+ keliling);
}
}
Hasil : Panjang Jari-jari = 10.0
Luas Lingkaran = 314.0
Keliling Lingkaran = 62.800000000000004
VARIABEL
Variabel menyatakan suatu lokasi di dalam memori komputer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dimana nilai tersebut dapat diubah. Variabel dapat dibayangkan sebagai suatu kotak yang dapat diisi dan pada saat lain dapat diubah.
Variabel dalam program Java perlu dideklarasikan. Bentuk pendeklarasian variabel dengan menggunakan perintah : tipe namaVar [,namaVarI]
Contoh : int jumlahBarang;
float bilPecahan;
char huruf;
string kalimat;
float nilai1, nilai2, nilai3;
Untuk memberikan nilai terhadap variabel adalah dengan menggunakan tanda =. Nilai yang diberikan dapat berupa suatu literal, variabel atau ekspresi yang melibatkan operator.
Contoh : jumlahBarang=10;
bilReal = 2.5f; (bilangan real diisi dengan 2,5 bertipe float)
huruf = ‘A’;
kalimat=”Halo, Annissa…”;
Pemberian nilai juga dapat dilakukan saat variabel dideklarasikan.
Bentuk penulisannya : tipe variabel = nilaiAwal;
misal : double jarijari=10;
Java memperkenankan penugasan sejumlah variabel dengan sebuah nilai, misalnya x=y=z=0;
KOMENTAR
Komentar biasa dipakai dalam program dengan tujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi kepada pembaca program. Komentar dapat berupa nama pembuat program, tanggal pembuatan program, fungsi program ataupun penjelasan untuk bagian tertentu dalam program.
Untuk memberikan komentar digunakan tanda :
// untuk komentar satu baris
/* komentar baris pertama
komentar baris kedua */
Komentar terkadang digunakan untuk mematikan bagian program tertentu agar tidak dianggap sebagai perintah dan sering digunakan untuk pengujian program
Contoh :
/* ———————————————-
Program menghitung Luas dan Keliling Lingkaran
Dibuat oleh : Yudi Irawan
Tanggal : 8-8-2008
———————————————- */
//nama file berkas : komentar.java
public class komentar
{
public static void main (String[] args)
{
final double PI = 3.14; // pendefinisian konstanta
double jarijari = 10;
double luas, keliling;
luas = PI * jarijari * jarijari; //menghitung luas
keliling = 2 * PI * jarijari; // menghitung keliling
System.out.println(“Panjang Jari-jari = “+ jarijari);
System.out.println(“Luas Lingkaran = “+ luas);
System.out.println(“Keliling Lingkaran = “+ keliling);
}
}
TUGAS
1. Buat essay mengenai Unicode berikut tabel kodenya
2. Buat program untuk menghitung Diskon dan Harga Bayar jika diketahui :
Pembelian = Rp. 1.000.000,-
Diskon = Rp. …. (10% )
Harga Bayar = Rp. …. (Pembelian-Diskon)
3. Buat program untuk menampilkan tulisan sebagai berikut :
“Anda diundang rapat hari Jum’at / pukul 14.00 WIB”
4. Buat program untuk mencari nilai Determinan dengan rumus :
D = b2 – 2 ac, jika diketahui nilai a=1, b=3 dan c= 2,5
Jawab :
Soal 2 :
//nama file berkas : diskon.java
public class diskon
{
public static void main (String[] args)
{
float beli= 1000000;
double diskon;
double bayar;
diskon = 0.1 * beli;
bayar = beli – diskon;
System.out.println(“Jumlah Pembelian = Rp.”+ beli);
System.out.println(“Diskon = Rp. “+ diskon);
System.out.println(“Harga Bayar = Rp. “+ bayar);
}
}
Soal 3 :
//nama file berkas : undangan.java
public class undangan
{
public static void main (String[] args)
{
System.out.println(“\”Anda diundang rapat hari Jum’at / pukul 14.00 WIB\”");
}
}
Soal 4 :
//berkas : determinan.java
public class determinan
{
public static void main (String[] args)
{
float D;
int a=1;
int b=3;
float c=2.5F;
D = (b*b)-(2*a*c);
System.out.println(“Nilai a=1, b=3 dan c=2,5″);
System.out.println(“Determinan = “+ D);
}
}

(nurun saking blog irwan leonardo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar