//inmobi ads MUDAH ITU BERKAH DAN INDAH : Membuka Proteksi Excel

Minggu, 29 Januari 2012

Membuka Proteksi Excel

Membuka Proteksi Excel

Sebuah workbook yang diproteksi tentu tidak akan mudah untuk dibuka dan diedit, harus memiliki hak untuk melakukannya. Excel memberikan proteksi berupa password yang bisa di-set oleh pemilik dokumen tersebut. Siapapun yang tidak mengetahui password tersebut tidak akan dapat dapat merubah isinya.

Tetapi bagaimana jika password tersebut terlupakan? Padahal data yang ada masih sangat dibutuhkan. Tentu akan menjadi persoalan yang sangat serius.

Sebenarnya proteksi yang diberikan oleh Excel kepada workbook bukanlah proteksi yang cukup baik, di forum – forum online banyak cara yang dapat digunakan untuk membuka proteksi ini.

Pada Excel 2003, banyak aplikasi yang dapat membuka proteksinya, dengan bantuan google, kita akan memperoleh banyak tool yang dapat menghapus proteksi ini, gunakan keyword “excel password remover” untuk mendapatkannya.

Salah satunya adalah Excel password remover yang dapat di download gratis di http://www.straxx.com/excel/password.html. Password remover ini berupa Excel Add Ins yang akan menghapus password untuk proteksi worksheet. Untuk proteksi workbook, Add ins ini tidak dapat melakukannya.

Pada Excel 2007/2010, proteksi yang diberikan malah jauh lebih buruk. Hanya dengan berbekal software kompresi seperti winzip, winrar atau 7zip kita sudah bisa membuka proteksinya. Berikut ini adalah prosedur untuk membuka password Worksheet Excel.
1. Rename file menjadi .zip, misalnya test.xlsx dirubah menjadi test.zip.
2. Unzip atau ekstrak file .zip tersebut, kemudian buka folder xl, subfolder worksheets, subfolder sheet1.xml (jika sheet1 yang diberi password).
3. Hapus kode ini:
sheet protection

4. Simpan.
5. Kompres lagi folder tersebut menjadi test.zip, kemudian rename menjadi test.xlsx.
6. Buka test.xlsx seperti biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar